We-Female Ind

Website ini berisi informasi tentang informasi kesehatan dan kecantikan terbaru dan terupdate.

Langkah-Langkah Menghindari Perceraian

Hai Femalonia. Setelah membaca artikel Bagaimana sih membangun keluarga yang kokoh. We-Female akan melanjutkan langkah-langkah apa saja dalam menghindari perceraian.
Jika Anda dan pasangan tengah di ambang pintu perceraian, jangan buru-buru memutuskan berpisah. Pikirkan kembali dengan memakai langkah-langkah berikut untuk membantu Anda menghindari perceraian.

1.     Cari Sumbernya
Mungkin selama ini Anda dan pasangan tidak menyadari ada persoalan di dalam rumah tangga Anda, tiba-tiba muncul kata “cerai”. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengurai dan mencari solusi adalah dengan mencari tahu sebabnya. Bisa jadi, penyebabnya Cuma masalah sepele yang sebetulnya bisa diselesaikan asal kedua belah pihak sama-sama mau mengalah. Tapi, bisa jadi persoalannya memang sangat berat, sehingga tak ada kata lain selain “berpisah”. Apa pun penyebabnya, mencari tahu penyebabnya adalah langkah yang harus dilakukan. Pasalnya, dari sinilah asal keputusan Anda untuk bercerai atau tidak berawal.

2.     Instropeksi
Bila Anda sudah mengetahui penyebabnya, cobalah untuk berinstropeksi, ini yang seringkali sulit untuk dilakukan karena masing-masing pasangan pasti merasa dirinyalah yang benar. Mereka tak bakal bisa menerima kenyataan bahwa merekalah pangkal sebab munculnya niat bercerai. Mungkin Anda malu mengakui secara jujur kekurangan Anda, tapi cobalah  menjawab jujur pada diri sendiri bahwa yang dikatakan pasangan Anda ada benarnya. Da mengapa tidak mencoba untuk memperbaikinya?.

3.     Jangan memperbesar masalah
Jika sumber keributan dan konflik sudah diketahui, sebainya jangan memperbesari masalah. Juga, jangan mencari masalah baru, karena hal ini justru akan memperkeruh suasana. Bila Anda menyadari kekurangan yang ada, tak ada salahnya meminta maaf terlebih dahulu dan mencoba untuk mencari solusi sebaiknya-baiknya.

4.     Pisah sementara waktu
Meski sepertinya sangat tak enak, cara ini bisa menjadi jalan terbaik untuk menghindari perceraian. Pisah untuk sementara waktu akan membantu suami-istri untuk menenangkan diri sekaligus menilai, keputusan apa yang sebaiknya ditempuh. Kenapa harus pisah rumah? Karena biasanya dua hati yang sama-sama sedang panas, jika setiap hari bertemu yang terjadi bukan membaik malah semakin panas. Pisah rumah akan membantu mendinginkan hati yang sedang memanas, sehingga Anda dan suami dapat berpikir jernih.

5.     Komunikasi
Komunikasi merupakan fondasi sebuah hubungan termasuk dalam perkawinan. Tanpa berkomunikasi, hubungan akan sulit bertahan. Jadi, seberat apapun situasi yang tengah Anda hadapi, sebaiknya tetap lakukan komunikasi dengan pasangan. Coba diskusikan bersama, langkah terbaik apa yang bisa Anda berdua lakukan untuk menghindari perceraian. Tak mudah memang, tapi jika situasi panas suda mereda siapkan untuk berkomunikasi. Jangan merasa malu atau gengsi untuk asling memulai.

6.     Libatkan Keluarga
Jika kenyataannya, pasangan sudah tidak dapat diajak berkomunikasi, cobalah libatkan anggota keluarga yang dekat dengannya. Orang tua, kakak atau pamannya misalnya. Pokoknya, siapa saja yang Anda rasa bisa Anda ajak berbicara. Jangan pernah menutupi akar permasalahan yang ada kepada mereka, tetapi berterus teranglah dan diskusikan kekurangan Anda maupun kekurangan suami. Siapa tahu, mediator ini dapat melunakkan hati Anda dan pasangan , sekaligus mencarikan solusi untuk kembali bersatu.

7.     Cari teman curhat
Menghadapi perceraian bisa membuat pikiran runyam, pekerjaan kacau dan bingung harus berbuat apa. Nah, kondisi tidak nyaman ini bisa Anda atasi dengan berbagi kepada orang terdekat, sahabat misalnya. Dengan berbagi, beban pikiran Anda akan terasa lebih ringan. Tetapi jangan mencari teman curhat lawan jenis. Pasalnya, bila Anda bercerita mengungkapkan unge-uneg Anda pada teman pria, belum tentu sepenuhnya ia akan mendukung Anda untuk kembali bersatu dengan suami. Bisa jadi ia malah menggoda Anda, dan jika Anda akhirnya benar-benar tergoda maka timbul masalah baru.

8.     Ingat Anak
Anak biasanya menjadi senjata paling mapuh untuk meredam konflik antara suami-istri, jadi, bila ternyata antara Anda dan pasangan sama-sama menginginkan perceraian, cobalah ingat anak-anak Anda. Ingatlah bahwa mereka masih sangat membutuhkan Anda dan pasangan. Apakah mereka harus menjadi korban perceraian karena keegoisan orang tuanya? Lantas, setelah Anda bercerai, kemana dan kepada siapa mereka harus ikut? Jika Anda menyayangi mereka pikirkan kembali keputusan tersebut.

9.     Singkirkan Ego
Jika Anda memang masih menginginkan keutuhan rumah tangga, buang jauh-jauh ego yang ada dalam diri Anda. Jangan merasa diri Anda selalu benar dan selalu menyudutkan pasangan, begitu pula sebaliknya. Sadarilah bahwa apa yang terjadi sekarang adalah kesalahan Anda berdua.

10.  Banyak Berdoa
Banyak berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa dapat membantu permasalahan Anda. Mintalah petunjuk dari-Nya. Dengan semakin bertekun dan mendekatkan diri, insya Allah doa Anda akan terjawab.

11.  Buka Lembaran Baru

Jika Anda dan pasangan akhirnya bisa kembali rukun, maka harus siap membuka lembaran baru bersama pasangan Anda. Jangan pernah mengungkit-ungkit persoalan penyebab niat bercerai. Sekali Anda mengungkit-ungkit, bisa jadi Anda akhirnya akan benar-benar bercerai. Yang paling penting adalah saling mengingatkan dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.
Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Langkah-Langkah Menghindari Perceraian"

 
Copyright © 2014 We-Female Ind - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia