We-Female Ind

Website ini berisi informasi tentang informasi kesehatan dan kecantikan terbaru dan terupdate.

Vaksinasi untuk Orang Tua Tercinta


Untuk kali ini Life Vemale  akan membahas mengenai vaksinasi namun untuk orang yang sudah tua. Vaksinasi selama ini selalu dikaitkan dengan anak-anak. Padahal, seorang dewasa dan terutama lansia juga butuh perlindungan vaksinasi. Imunisasi buat lansia melindungi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang sudah berkurang kekuatannya.
Lanjut usia atau lansia adalah orang yang rentan terkena penyakit infeksi. Lansia mengalami penurunan daya tahan tubuh karena terjadi penuaan pada sistem kekebalan tubuhnya. Penyakir seperti influenza atau penyakit yang awalnya dari infeksi saluran pernapasan saja bisa mengancam nyawa lansia.
Mereka yang tergolong lansia, sebenarnya bukan merujuk yang berusia 60 tahun keatas. Bisa saja usia kronologis atau usia kalender seseorang baru mencapai 50 tahun atau bahkan 40 tahun, tetapi secara biologis sudah tergolong lansia karena menderita penyakit kronis seperti jantung, diabetes, gagal ginjal, dan lain-lain.
Sementara itu, ada juga orang yang sudah memasuki usia lebih dari 60 tahun, tetapi tubuhnya sehat. Mereka terhitung sebagai orang sehat dan memiliki daya taha tubuh yang tak beda dengan orang dewasa.
Paruh baya yang menderita penyakit kronis, seperti lansia, juga wajib mendapat imunisasi flu dan pneumonia karena tubuhnya sudah mengalami penuaan gara-gara penyakitnya. Tertular infeksi akan membuat kesehatannya makin drop. Mereka disarankan untuk ikut imunisasi.
Infeksi influenza pada lansia menyebabkan kekebalan tubuh mereka semakin menurun. Pemulihan karena flu menjadi lebih sulit dibandingkan pada orang muda. Dengan daya tahan tubuh menurun itu bakteri dan kuman yang berdatangan ke tubuh bisa menimbulkan infeksi yang serius. Begitu seriusnya hingga berujung kematian
Vaksinasi untuk Orang Tua Tercinta

CEGAH KEPARAHAN
Ancaman infeksi untuk orang tua yang tererang influenza adalah pneumonia atau yang lebih diknenal masyarakat sebagai penyakit paru-paru basah. Infeksi pneumonia ini disebabkan oleh bakteri.
Lansia atau orang tua yang sudah terkena penyakit pneumonia dan dirawat di rumah sakit pemulihannya akan panjang dan lama. Bahkan, ada yang berakhir denga kematian. Gara-gara penumonia, lansia bisa menderita sesak napas dan harus dirawat secara intensi di rumah sakit.
Lansia dan orang tua merupakan target yang wajib diberi vaksinasi flu dan pneumonia. Pada prinsipnya pelayanan kesehatan untuk para lansia adalah suatu langkah pencegahan dan promosi kesehatan. Karena lansia yang sakit itu lebih susah diobati. Dengan vaksinasi, kalaupun orang tua kita sakit, sakitnya pun tidak terlalu berat. Dengan vaksin pneumonia, mungkin dia tidak tercegah infeksi. Meskipun beliau sakit, penyakitnya tidak terlalu parah.

Infeksi tidak berlangsung parah karena tubuh orang tua kita yang divaksin akan membentuk antibodi. Vaksin diberikan untuk merangsang antibodi yang akan mengenali dan menangkal kuman yang datang kembali menyerang tubuh. Target vaksinasi flu dan pneumonia untuk lansia adalah mencegah perawatan dan keparahan karena infeksi.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Vaksinasi untuk Orang Tua Tercinta"

 
Copyright © 2014 We-Female Ind - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia